• September 8, 2024
  • Last Update September 7, 2024 11:10 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Geliat Pembangunan Pariwisata Sembalun yang Ikonik, Terima Kasih Bupati Lombok Timur

Geliat Pembangunan Pariwisata Sembalun yang Ikonik, Terima Kasih Bupati Lombok Timur

Kawasan wisata  Sembalun Lombok Timur dalam kurun waktu puluhan tahun terakhir melejit menjadi salah satu destinasi wisata NTB yang diperhitungkan, baik nasional maupun internasional.

Berikut tulisan Wartawan senior NTB yang tergabung Persatuan Wartawan Indonesia Nusa Tenggara Barat (PWI NTB) , Muludin merilisnya dalam bentuk opini.

Sembalun yang dulunya dikenal sebagai daerah pertanian dengan tanaman utama bawang putihnya, kini telah berubah menjadi lokasi wisata paling diminati untuk didatangi. .

Alam Sembalun Lombok Timur dengan segala keindahan, panorama  pegunungan, adat dan budayanya menjadi primadona  wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara.

Perubahan totalitas wajah sembalun sekarang tidak lepas dari tangan dingin Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy. Bupati dua periode ini bersama steak holder dari masyarakat yang tinggal di kawasan kaki Gunung Rinjani saling bersinergi membangun kawasan ini.

Salah satu serpihan surga yang menyembul di dunia, salah satunya di Sembalun. Ungkapan tersebut sering dilontarkan wisatawan asing (bule) yang berkunjung dan menginap di Sembalun.

Bupati Sukiman Azmi sosok yang sangat berperan besar mengubah wajah Sembalun menjadi etalase dan ikon pariwisata yang pantas  dibanggakan. Di berbagai kesempatan, dan luput dari publikasi media Sukiman Azmy  sejak awal memimpin daerah ini memfokuskan diri mengejar target salah satu mimpinya menjadikan Sembalun tempat melancong kelas dunia.

Usaha, ikhtiar, dan hasil kerja keras pemerintah Lombok Timur bersama masyarakat Sembalun, bisa kita rasakan dan nikmati seperti sekarang ini. Kawasan bersuhu dingin ini menjadi  tempat berlibur yang unik dan menarik.

Gunung Rinjani yang indah menjulang tinggi  diapit sejumlah bukit yang indah. Pada bagian puncak Rinjani ada danau Segara Anak dengan air  hangat  mengandung belerang, sementara di bagian lereng Rinjani bertebaran pemukiman warga dengan indahnya, memiliki adat, budaya dan keramahan masyarakat bagian tak terpisahkan. Akses menuju Sembalun sudah bagus dengan jalan mulus berhotmik. hotel, restoran, bunga low bahkan rumah penduduk tempat menginap yang digandrungi para pelancong yang bermalam di kawasan itu.

Sebagai salah satu kawasan wisata andalan NTB, berbagai event bertaraf nasional dan internasional sering di gelar disini. Sembalun sudah naik tingkat, wisata nya sudah mendunia

Nyaris semua Presiden RI sudah menginjakkan kakinya di Sembalun. penguasa Ode Baru, mulai dari Presiden Soeharto pernah melakukan panen bawang putih, Presiden Gusdur, Ibu Megawati Soekarno Putri, Presiden Susilo Bambang Yudoyono hingga Bapak Jokowi Widodo.

Sebegitu menarik nya kawasan Rinjani hingga membuat para penguasa Indonesia dan Menterinya serta para gubernur  pernah ramai ramai ke Sembalun.

Heroik kah Sembalun..?, selain indah, kata para orang tua dan tokoh adat, kawasan ini penuh mistis terutama dari kerajaan alam gaib Gunung Rinjani yang dijaga putri cantik bernama Dewi Rinjani dengan  pengikutnya yang konon masih ber singgasana di Rinjani.

Setiap orang yang pernah datang dan melancong ke Sembalun konon mereka berkeinginan kuat untuk datang kembali  ke Sembalun. Banyak dari kalangan pejabat pemerintah, pengusaha, masyarakat luar Lombok, dan pelancong mancanegara yang terpikat dan menginap di Sembalun

Salah satunya yang terpikat Kapolda NtB, Irjen Djoko Poerwanto. Buktinya, saat pertama kunjungan ke Sembalun Kapolda mendapatkan gelar Perbekel, sebuah gelar tinggi yang diberikan masyarakat adat Sembalun.

Istimewa nya lagi, sehari setelah mendapat gelar adat, keesokan harinya Kapolda bersama pejabat utama Polda NTB, Kapolres Lotim dan anggota menggelar  pengibaran bendera merah putih di Bukit Selong Sembalun Lawang.

Sembalun yang indah, mempesona dan ramah merupakan rumah besar bagi para pelancong dan penikmat wisata alam pegunungan. Terimakasih Bupati Lombok Timur HM. Sukirman Azmy atas dedikasi dan kerja kerasnya bersama masyarakat membangun Sembalun. (Bayu)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *